Pada Saat Kapan Bayi Harus Minum ?

bayi minum

Meskipun air putih bagus untuk kesehatan, ada regulasi untuk bayi dalam mengonsumsinya. Bayi yang belum genap 6 bulan, belum boleh memperoleh asupan air putih, mengapa? Mommy Desi Wijaya dari Babyologist berbagi pengalaman tentang asupan air putih dari filter air untuk bayi.

Untuk mengenal regulasi minum air putih pada bayi, aku bertanya seketika ke DSA. Rupanya bayi newborn hingga 6 bulan (dikala belum mulai MPASI) TIDAK DIANJURKAN minum air putih, jika dapat full ASI/Susu Formula

Melainkan, mama aku memberi saran minum air putih walau konsisten minum ASI. Apalagi seandainya bayi minumnya susu formula, sebab sifat sufor panas jadi semestinya dikasih minum air putih. This is super big NO. Sebab ASI sendiri telah 80% mengandung air. Jadi, untuk apa ditambahkan air putih?

ASI itu kandungannya telah komplit sekali. Foremilk-nya dapat menghilangkan haus bayi, Hindmilk-nya dapat membikin bayi ternutrisi dan lebih kekenyangan. Jadi, minum ASI saja selama 6 bulan telah amat cukup untuk bayi.

Mengenai susu formula. Susu formula sistem membuatnya juga gunakan air matang. Jadi berasal dari air juga. Sebaiknya pembuatan susu formula disesuaikan dengan takarannya, jangan diencerkan. Sebab seandainya diencerkan berarti sang bayi memperoleh gizi kurang dari takaran susunya pengaruh terlalu banyak air. Apabila di bawah umur 6 bulan, bayi itu telah minum air juga kok dari ASI / susu formula. Tak perlu kuatir ya Moms.

Jadi kapan sebaiknya minum air putih? Ketika bayi telah mulai MPASI paling ideal dan itu juga masih kita batasi ya Moms sebab konsumsi susunya masih lumayan banyak.

Sebab pemberian air putih yang tak cocok dosisnya dapat berbahaya bayi loh. Berikut ini risikonya:

Risiko bayi diare: risiko bayi diare lazimnya karna air mineral yang dikonsumsi bayi tak dimasak dulu. Sebaiknya air mineral senantiasa dimasak di temperatur 70 derajat celcius dan dikasih terhadap bayi sesudah air bersuhu suam-suam kuku.
Risiko nutrisi buruk: sebab konsumsi ASI akan amat berkurang seandainya bayi ASI dikasih air putih. Kenapa? Sebab bayi ASI akan kekenyangan khususnya dulu sesudah minum air putih terutama memakai ro membrane.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *