Pertamina Cilacap Bekali 20 Pemuda Keterampilan Las Listrik

Pertamina Cilacap Bekali 20 Pemuda Keterampilan Las Listrik
Pertamina RU IV Cilacap kembali memberikan pembekalan keterampilan las listrik bagi 20 pemuda, angkatan ke-15. Pelatihan diselenggarakan selama dua bulan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Jawa Tengah di Jalan Nusantara, Cilacap yang legal diawali Rabu (4/10/2017). Pembukaan pelatihan ditandai penyerahan bantuan oleh Pjs. General Affairs Manager, Bambang Akrianto terhadap perwakilan peserta dan penyematan name tag oleh Kepala BLKI, Guntoro Sejati.

Bambang Akrianto mempersembahkan Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di tengah masyarakat senantiasa berperan aktif mensupport peningkatan keterampilan pemuda Cilacap terutamanya yang belum dapat melanjutkan pengajaran. Lebih jauh dikatakan, dengan kian berkembangnya teknologi seperti kini ini karenanya masyarakat dituntut meningkatkan potensi diri sehingga sanggup berkompetisi di dunia internasional.

“Menghadapi kompetisi itu energi kerja Indonesia sepatutnya mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang mempunyai kekuatan saing tinggi. Seperti halnya energi juru las (welder) yang ketika ini menjadi menjadi suatu keahlian yang diperlukan dalam pelbagai ragam proyek konstruksi ataupun perawatan” ujarnya. Ditambahkan Bambang, Pertamina RU IV Cilacap melewati program Corporate Social Responsibility (CSR) semenjak tahun 2002 sudah memberikan keterampilan las listrik bekerjasama dengan BLKI Jawa Tengah terhadap 353 pemuda Cilacap dan hampir beberapa besar sudah berprofesi di pelbagai perusahan bagus dalam negeri ataupun luar negeri.

Kepala BLKI Jawa Tengah, Guntoro Sejati mengungkapkan program pelatihan las listrik ini terdiri dari dua komponen ialah program 3G yang dibiayai pemerintah dan dilanjutkan program 6G yang dibiayai oleh Pertamina. “Program las listrik ini yaitu primadona mengingat para lulusannya telah dibidik oleh perusahaan besar di Jakarta seperti Komatsu, Patria, Pama pun sebelum mereka mengatasi pengajaran” katanya.

Diterangkan, peringkat 6G adalah tahapan tertinggi dalam sertifikasi keahlian las listrik dan sanggup melaksanakan profesi pengelasan plat ataupun pipa dengan kompleksitas tinggi. “Diinginkan dengan modal kesanggupan hal yang demikian para tamatan pelatihan ini dapat menerima profesi yang lebih bagus dan menolong meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga” imbuhnya.

Baca juga : Mesin parut kelapa

Aan Sofyan, salah satu peserta pelatihan dari Kelurahan Gumilir, Cilacap Utara mengucapkan rasa bahagianya bisa meniru pelatihan ini. “Alhamdulilah aku menerima kans untuk meniru pelatihan bantuan dari Pertamina, sesudah dites kesehatan aku lulus. Semoga sesudah meniru pelatihan dapat lantas bisa kerja” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *