Hal yang Dapat Anda Lakukan di Pulau Sumba

pulau sumba

Bosan dengan Bali? Yuk coba wisata baru yang penuh dengan pemandangan menakjubkan di Kepulauan Nusa Tenggara. Salah satu wisata yang dimaksud adalah Pulau Sumba. Pulau Sumba ini sendiri adalah sebuah pulau kecil yang terletak di bagian Timur provinsi Nusa Tenggara. Tidak hanya pemandangan indah yang disuguhkan, Anda juga bisa melakukan banyak hal di sini. Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Sumba.

Melihat Ikat Dibuat

Tekstil Sumba dikenal sebagai salah satu yang paling indah dan rumit di seluruh Indonesia. Meskipun kain Sumba terkait dengan kerumitan, tetapi tidak ada keraguan bahwa produk tersebut berkualitas tinggi yang dihargai tidak hanya di Indonesia, tetapi juga internasional. Untuk itu, ketika Anda mengunjungi Pulau Sumba, maka Anda memiliki kesempatan emas untuk menyaksikan ikat (kain Sumba) dibuat di desa tradisional. Ikat sering kali merupakan simbol status dan kekuasaan dan sangat dihargai di masyarakat setempat karena waktu dan upaya yang digunakan untuk membuatnya.

Makam Megalitik di Pulau Sumba

Saat berkeliling Sumba, Anda tidak dapat melewatkan ribuan batu nisan besar yang dihiasi di sekitar pulau ini. Hal ini dikarenakan batu nisan ini diletakkan di mana-mana. Makam ini sendiri adalah bagian yang sangat penting dari budaya kematian di Pulau Sumba karena orang Sumba biasanya percaya pada kehidupan setelah kematian. Bahkan Pulau Sumba disebut oleh para arkeolog sebagai “Budaya Megalitik Hidup”, salah satu dari sedikit yang masih aktif sampai sekarang.

Mengakrabkan Diri dengan Masyarakat Setempat

Ketika mengunjungi desa-desa tradisional, penduduk setempat pasti ingin mendandani Anda dengan pakaian tradisional mereka. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar Anda dapat mengakrabkan diri dengan masyarakat setempat.

Menyaksikan Festival Pasola

Festival ini biasanya terjadi pada bulan Februari dan Maret di Sumba Barat dan merupakan “perang” kuda tradisional antara desa-desa, di mana tombak dilemparkan dan darah ditumpahkan untuk memastikan panen yang baik.

Air Terjun La Popu

Dikenal sebagai salah satu air terjun tercantik di Pulau Sumba, air terjun ini dapat dicapai melalui perjalanan melalui hutan atau melalui Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

Itulah keseluruhan 10 hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Sumba. Bagi Anda yang tertarik melakukan hal ini dalam wisata Sumba Anda, maka Anda bisa mencoba menggunakan pemandu wisata lokal, seperti tour and travel dari Tour Sumba. Di sini, Kami menyediakan platform bagi Anda untuk merasakan pengalaman perjalanan yang berkesan dan unik dengan mengundang Anda menjelajahi tempat-tempat eksotik di Sumba. Untuk informasi lebih lanjut seputar Sumba dapat Anda peroleh melalui tour sumba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *