Rekaman Vinyl Yang Mempunyai Harga Fantastis

vinyl

Kau penggemar rekaman vinyl? Terbukti ada lima rekaman vinyl yang disebut-ucap sebagai rekaman paling berharga di bumi ini, lho. Apa saja rekaman-rekaman hal yang demikian? Yuk, simak review berikut ini!

The Beatles

Dalam catatan sejarah, vinyl termahal di dunia yakni White Album milik The Beatles. Vinyl ini dipasarkan dalam lelang seharga Rp11,4 miliar pada tahun 2015. Harga itu ialah yang paling fantastis di dunia industri rekaman musik.

Secara spesifik, album vinyl paling mahal mempunyai nomor seri 0000001. Mulanya, vinyl ini dimiliki oleh salah satu member The Beatles yakni Ringo Starr. Tidak hasilnya tahun 2015, manajemen Beatles menetapkan untuk melelang karya ini.

Jean-Michel Jarre

Cuma terdapat satu vinyl salinan musisi elektronik Perancis tenar Jean-Michel Jarre Musique Pour Supermarche (Musik Untuk Supermarket dalam bahasa Inggris). Awalnya ini dikarenakan vinyl ini diciptakan khusus sebagai komponen dari pameran seni bertema supermarket di Paris pada tahun 1983.

Vinyl tunggal Jean-Michel Jarre dipasarkan seharga Rp205.000.000 pada tahun itu. Harga jual di pasaran ketika ini sudah menempuh Rp488.000.000. Vinyl ini memang diperlakukan sebagai sebuah karya seni bukan sekedar rekaman lazim. Awalnya hal yang demikian tentu membikin energi jual vinyl ini kian tinggi. Jean-Michel Jarre sengaja menghancurkan master rekaman ini agar cuma tersisa 1 vinyl saja di dunia.

Aphex Twin

Musisi elektronik Inggris yang tenar, Richard D. James (Aphex Twin) meninggalkan jejak sebuah album bernama Caustic Window pada tahun 90-an. Pada tahun 2014, Discogs membeli vinyl ini dan hasilnya didistribusikan secara komputerisasi lewat kampanye Kickstarter.

Sementara rilis absah dihapuskan, versi digitalnya mendapatkan kebanggaan kritis atas release hal yang demikian. Vinyl itu hasilnya dipasarkan ke pencipta Minecraft dan Roller yakni Markus Persson. Harga jualnya cukup tinggi yakni seharga Rp664.000.000.

The Quarrymen

Vinyl The Quarrymen ialah karya John Lennon dan Paul McCartney sebelum menjadi The Beatles. Mereka mengeluarkan nyanyian That’ll Be The Day yang cuma menyisakan satu vinyl saja. Rekaman ini dihargai oleh majalah Record Collector pada tahun 2012 sekitar Rp3,6 miliar. Paul McCartney ialah penulis nyanyian handal sehingga cakap membikin rekaman The Quarrymen masuk jajaran paling berharga di bumi.

Mulanya, vinyl ini masih berharga sekitar Rp150.000. Pada ketika itu, McCartney memberikan rekaman hal yang demikian pada sejumlah sahabat sebagai hadiah Natal. ada yang menduga bahwa sekarang rekaman hal yang demikian harganya sudah menempuh angka yang fantastis.

Salah satu unsur yang membikin harga sticker vinyl ini berharga cukup mahal yakni adanya lukisan Andy Warhol di komponen depan. Pada ketika itu, Andy Warhol ialah manajer band hal yang demikian. -nyanyian klasik di dalam vinyl ini direkam oleh insinyur Normal Dolph. Satu-satunya salinan vinyl ini yang dikenal diaplikasikan pada film klasik The Velvet Underground & Nico.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *