Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

Genset adalah alat yang cukup umum digunakan pada saat masalah pemadaman listrik terjadi. Jika Anda tidak memiliki genset dan Anda ingin membelinya, maka Anda harus memilih jenis genset yang tepat dengan menyesuaikan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam proses pemilihan, berikut ini beberapa jenis genset berdasarkan bahan bakarnya yang dapat Anda pilih.

Bensin

Dari semua pilihan genset yang ada, genset bensin adalah yang paling umum, terutama karena bensin banya tersedia dan genset ini berada pada skala biaya rendah. Tidak hanya itu, genset bensin biasanya tersedia dalam ukuran kecil, sehingga ideal untuk model portabel.

Solar

Diesel adalah bahan bakar yang paling tidak mudah terbakar dari semua sumber bahan bakar, dan hampir tersedia sama banyaknya dengan bensin. Mesin diesel pada genset ini memiliki rentang hidup yang panjang, serta bekerja lebih efisien dan bertahan lebih lama di bawah penggunaan yang berat dan ketat, selama mereka dirawat dengan baik. Genset diesel pun masih terbilang terjangkau, meskipun harganya bisa lebih mahal daripada genset gas. Meskipun demikian, genset diesel memerlukan perawatan rutin oleh mekanik yang berkualitas dan merupakan mesin yang cukup berat sehingga tidak cocok untuk model portabel.

Bio Diesel

Bahan bakar bio diesel terbuat dari campuran solar dan sumber biologis lain, seperti minyak sayur atau lemak hewani. Pro dan kontra biodiesel mirip dengan bahan bakar solar biasa, hanya dengan manfaat lingkungan yang lebih baik. Bio diesel menggunakan lebih sedikit sumber energi tak terbarukan dari bahan bakar fosil serta membakar dengan emisi yang lebih rendah dan lebih sedikit limbah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang ramah lingkungan dibandingkan dengan diesel biasa. Semua bahan bakar diesel tidak mudah terbakar daripada cairan dan gas lainnya. Meskipun demikian, mesin bio diesel ini berisik dan sulit ditemukan di beberapa daerah, karena campuran solar dan minyak harus dijaga pada rasio 80:20, dan itu dianggap lebih sulit untuk dikerjakan.

Itulah 3 jenis genset berdasarkan bahan bakarnya yang dapat Anda pilih. Untuk Anda yang ingin memperoleh berbagai jenis genset seperti di atas dengan harga murah, namun berkualitas, Anda dapat memperolehnya melalui Hartech. Hartech adalah sebuah perusahaan manufaktur genset yang menjual genset, dan produk spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing. Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset (layanan purnajual) dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lanjut, Anda bisa mengakses official website Hartech di hartech.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *