KPR Bagi Kaum Milenial: Cara Membeli Rumah Tanpa Ribet

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara memiliki rumah lewat jalur kredit serta salah satu contoh produk KPR untuk milenial yang ada di Indonesia.

Tingkat Kepemilikan Rumah Generasi Milenial

Generasi milenial yaitu generasi yang dinamis dan senantiasa mengejar kesuksesan di usia muda. Akan tapi, kesuksesan tersebut disertai dengan gaya hidup dibandingkan memiliki properti.

Meski demikian, banyak yang mengeluh tidak mempunyai tabungan atau sisa uang untuk membeli rumah. Padahal jika anggaran untuk gaya hidup dipotong, sebenarnya generasi milenial mempunyai cukup dana untuk menyicil sebuah rumah.

Baca Juga: Perumahan di Sentul Bogor

Memanfaatkan Fasilitas Perbankan sebagai Metode Membeli Rumah

Salah satu cara untuk mempersiapkan uang agar memiliki rumah adalah dengan menabung. Umumnya, 30% – 40% dari total penghasilan setiap bulannya harus dipisahkan untuk tabungan.

Dari tabungan ini kemudian baru kamu bagikan berapa jumlah uang untuk rumah dan berapa jumlah uang untuk tabungan. Dengan cara ini, semua keperluan kamu bisa terpenuhi dan dana untuk membeli rumah juga tersedia.

Cara membeli rumah yang kedua dan yang paling populer adalah dengan menerapkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Program KPR merupakan program yang diberikan oleh perbankan yang bisa membantumu mempunyai rumah idaman dengan cara kredit.

KPR sangatlah populer di kalangan generasi milenial. Berdasarkan data Bank Indonesia di tahun 2018, terdapat peningkatan jumlah debitur umur 26 sampai 35 tahun yang mendominasi pertumbuhan KPR.

Pertumbuhan debitur umur 26 sampai 35 tahun ini berfokus di pangsa rumah tapak dan rumah susun dengan luas 22 – 70 meter persegi, serta rumah susun tipe 21 ke bawah.

Peningkatan pangsa umur 26 sampai 35 tahun untuk rumah tapak tipe 22-70 meter persegi terus terjadi dari tahun 2014 sampai 2018.

Cek Juga: Jual Rumah Sentul

Golongan umur ini juga berada pada kisaran 35%-50% dari total debitur KPR untuk rumah tipe 22-70 meter persegi.

Sementara untuk rumah susun atau flat tipe 22-70 meter persegi, di tahun 2018 debitur umur 26 sampai 35 tahun mendominasi 35% keseluruhan debitur KPR. Bisa diperhatikan bahwa kaum milenial menjadi potensi bagi industri properti.

Tetapi data juga menunjukkan bahwa kategori debitur dalam kisaran umur 26-35 tahun hanya mewakili 40% dari total jumlah milenial di Indonesia. Ini berarti bahwa ada 60% milenial yang belum memiliki akses masuk ke fasilitas KPR.

Banyak alasan di balik ini, ada yang dikarenakan tidak cukupnya dana, bukan karena kurangnya penghasilan tapi karena pengeluaran untuk gaya hidup yang terlalu tinggi.

Kemudahan dari Berbagai Faktor

Industri properti telah berbondong-bondong memberikan kemudahan bagi para milenial yang ingin memiliki rumah. Misalkan saja proyek apartemen ‘The Parc’ yang memberikan fasilitas kredit untuk DP (Down Payment) sampai 3 tahun.

Selain itu, properti yang ditawarkan secara khusus di lokasi ibukota juga sangat beragam, ada yang murah ada yang mahal.

Simak Juga: Cluster Baru di Sentul City

Contohnya pada tempat Bintaro, BSD dan Cibubur, harganya lebih murah sehingga menjadi peringkat satu area pencarian terunggul.

Bisa diperhatikan bahwa generasi milenial mempunyai akses masuk dalam beberapa kemudahan. Tentu yang yang paling penting merupakan fasilitas KPR, salah satunya merupakan fasilitas KPR untuk milenial dari Bank Mandiri.

Bank Mandiri: Mandiri KPR Bagi Generasi Milenial

Bank Mandiri menjadi salah satu perbankan yang memprakarsai program yang membantu para generasi milenial untuk memiliki rumah, mengingat tingkat kepemilikan rumah pada generasi ini tergolong rendah.

Program tersebut dinamakan Mandiri KPR Milenial dan secara sah dikenalkan pada acara Property Expo bulan Oktober tahun lalu. Berbagai jenis kemudahan pelaksanaan KPR ditawarkan oleh program ini.

Yang pertama merupakan pelaksanaan approval yang cepat. Hal ini mempertimbangkan tradisi para milenial yang ingin sebuah proses yang berjalan instan. Waktu yang diperlukan hanyalah 20 menit.

Berdasarkan Donsuwan Simatupang, selaku Direktur Retail Banking Bank Mandiri, pelaksanaan KPR ini semudah membuat kopi. Nasabah hanya perlu datang membawa dokumen yang ada, seperti KTP dan NPWP untuk mengajukan KPR.

Baca Juga: Perumahan Sentul

Tentu kemudahan ini juga disertai dengan kemudahan dari bunga pinjaman. Suku bunga yang ditawarkan oleh Mandiri KPR Milenial ini cukup rendah, adalah 6,5% untuk 5 tahun dan pengajuan kredit bisa dilaksanakan dengan tanpa DP.

Pada Mandiri KPR Milenial juga disediakan skema cicilan bertahap serta tenor kredit yang lebih panjang. Melalui Mandiri KPR Milenial, Bank Mandiri berharap ikut serta serta mengedukasi para milenial untuk menggunakan uangnya dengan bijaksana.

Tips Membeli Rumah untuk Generasi Milenial

Memilih rumah bukanlah hal yang mudah, banyak sekali unsur yang seharusnya dipertimbangkan. Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda pakai sebagai generasi milenial dalam memilih rumah yang ideal.

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan

Karir dan tempat tinggal merupakan hal yang saling berkaitan. Tempat kerja seharusnya dekat dan mudah ditempuh dari hunianmu.

Selain itu, jika waktu yang kamu habiskan di luar (untuk pekerjaan atau perjalanan bisnis) lebih banyak, kamu bisa menyesuaikan besar dan tipe hunian.

Cek Juga: Perumahan di Sentul

2. Tipe hunian yang diminati

Ada 2 tipe hunian, vertikal atau horizontal. Hunian vertikal contohnya rumah susun dan apartemen. Hunian horizontal contohnya, rumah tapak.

Kedua tipe hunian ini menawarkan fasilitas dan keperluan yang berbeda. Sesuaikan ketertarikan dan kemampuanmu dalam memilih jenis hunian yang ideal.

3. Kondisi Bangunan

Kondisi fisik bangunan berupa eksterior dan interior bangunan itu sendiri, Pada hunian horizontal ataupun vertikal, kondisi fisik bangunan akan membantu Anda untuk lebih betah berada di hunian itu sendiri.

Tentukan kondisi yang ingin kamu miliki dan kamu bisa menyesuaikan dengan keperluan dan kemampuanmu.

4. Metode Pembayaran

Hal ini sering kali menjadi kendala bagi para milenial untuk memiliki rumah. yang sudah dibahas di atas, sebetulnya banyak sekali metode pembayaran yang bisa meringankan beban keuanganmu. Salah satunya merupakan dengan menggunakan KPR.

Memilih Produk KPR yang Terpercaya

Pembayaran secara kredit merupakan sebuah fasilitas perbankan yang bertujuan untuk membantumu.

Tetapi, kamu harus teliti dalalm memilih produk KPR, jangan memilih skema bank yang merugikan dan jangan hanya tergiur dengan promosi pemasaran.

Kunjungi juga: Perumahan Sentul City

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *