Pentingnya Baja Struktural Dalam Pengerjaan Bangunan

Baja struktural telah menjadi salah satu bahan konstruksi paling umum abad ini, sering dilihat sebagai komponen yang sangat penting dari bangunan dan perumahan modern. Menurut Asosiasi Baja Dunia, lebih dari 1.600 juta ton diproduksi pada tahun 2016, 197 juta lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ini menjadi layak untuk semua jenis proyek dan menawarkan beberapa manfaat, yang diandalkan oleh banyak rencana bangunan untuk keamanan struktural.

Ketersediaan

Adopsi baja yang meluas membuatnya mudah ditemukan, baik sebagai paduan mentah maupun komponen yang sudah jadi. Suku cadang fabrikasi akan sering dijual secara terbuka oleh pemasok (dengan banyak pabrik yang menjual baik lokal maupun luar negeri), memungkinkan balok dan rangka dibeli secara langsung. Berkat ini, perusahaan dapat bekerja di bawah tenggat waktu yang lebih ketat dan mengakses pasokan suku cadang baja di mana saja di dunia.

Bagian baja dapat dipesan segera setelah rencana arsitektur disetujui, menghemat waktu yang akan dihabiskan untuk menunggu mereka tiba di lokasi. Ini memberikan waktu ekstra untuk memeriksa pengukuran dan menemukan penyimpanan yang sesuai, masalah yang biasanya dapat menunda konstruksi beberapa jam.

Bobot

Beratnya yang ringan membuat baja mudah diangkut melalui darat dan diangkat melalui derek, sehingga mengurangi jumlah bahan bakar yang terbuang untuk membawanya ke lokasi. Selain itu, ini dapat membuat bangunan jauh lebih mudah untuk dibongkar: prototipe gudang ProLogic dibangun di Heathrow untuk menunjukkan bagaimana lebih dari 80% dari seluruh struktur dapat digunakan kembali, yang dapat dibongkar dalam waktu yang lebih singkat dari waktu yang dibutuhkan gudang rata-rata.

Bobot rendah dapat membantu memindahkan dan membangun kembali struktur. Mobilitas dan fleksibilitas tambahan ini membuat baja menjadi bahan bangunan yang sangat diinginkan untuk struktur yang memiliki lahan ekstra untuk ekspansi.

Cek Juga: Jual Pipa Stainless

Keberlanjutan

Dengan meningkatnya keinginan untuk bangunan ramah lingkungan, baja akan menjadi lebih nyaman untuk proyek konstruksi. Ini dapat dengan mudah didaur ulang dan tidak perlu dibuang secara permanen, sehingga bangunan lama atau penyangga sementara dapat digunakan kembali menjadi proyek baru sesuai kebutuhan. Sekitar 97,5% dari semua baja dari lokasi pembongkaran Inggris dipulihkan dan digunakan kembali, menurut data yang dikumpulkan oleh Steel Construction.

Komponen baja pulih yang belum rusak dapat digunakan kembali di proyek lain, menghilangkan biaya untuk mendapatkan paduan yang dilebur dan dipotong kembali sebagai bagian baru. Jika sebuah bangunan dihancurkan dan dibangun kembali, bagian-bagian yang ada dapat dilucuti dan digunakan kembali untuk menghemat uang yang disimpan dalam penyimpanan untuk proyek-proyek masa depan atau hanya dijual ke perusahaan lain sebagai komponen (atau paduan mentah, jika dijual kembali ke perusahaan fabrikasi baja).

Kekuatan

Karena rasio kekuatan-terhadap-beratnya yang tinggi, lebih sedikit baja yang dibutuhkan dalam satu penyangga atau balok, mengurangi biaya material dan meningkatkan sifatnya yang berkelanjutan. Ini dapat menahan dampak dan kekuatan fisik yang kuat, menjaga penghuni bangunan tetap aman, tetapi tidak akan aus atau perlu diganti setelahnya. Kekuatan ekstra ini dapat dipertahankan melalui desain, daripada jumlah baja yang digunakan. Balok I baja sering digunakan dalam konstruksi modern karena lebih ringan, lebih kuat, dan tidak boros dibandingkan balok kayu dengan ukuran yang sama.

Ketahanan api dan karat alami dari baja paduan membuatnya layak untuk struktur eksterior, seperti tangga darurat atau penyangga balkon.

Harga

Peraturan modern sangat spesifik tentang seberapa efisien konstruksi seharusnya: peraturan ini sering kali memiliki manfaat tambahan untuk memotong biaya pemeliharaan atau material dalam jangka panjang. Beton tetap lebih konsisten dibandingkan dengan harga baja yang bervariasi, tetapi biaya perbaikan dan penguatan balok atau pilar beton biasanya akan membuat baja lebih murah selama masa pakai bangunan.

Seperti disebutkan sebelumnya, baja sepenuhnya dapat digunakan kembali. Ini mempertahankan semua propertinya, sehingga sejumlah besar baja yang dipulihkan dapat secara drastis mengurangi biaya struktur baru. Sebuah studi kecil tentang biaya gedung perkantoran di London mengungkapkan bahwa komposit baja kira-kira 8% lebih murah daripada pelat beton di sepuluh lantai.

Kunjungi Juga: Jual Pipa Galvanis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *